Web MDMK

'Arsy Terguncang Karena Syahidnya Sa'ad bin Mu'adz



Syahidnya Sa'ad bin Mu'adz
Bismillahirrahmanirrahiim

Sa'ad bin Mu'adz al-Asyhali pembawa bendera kaum Anshar dan salah seorang majlis syuro saat Perang Badar.Kesyahidannya mengguncang 'Arsy, membuat Allah tersenyum dan diiringi oleh 70 ribu malaikat.
Hidayatul taufik menembus keimanan Sa'ad bin Mu'adz melalui dakwah yang disampaikan Mush'ab bin 'Umair.

Beliau adalah utusan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam ke Yatsrib / Madinah.Atas ijin Allah dengan cahaya Islam yang memancar di wajahnya dan lisan yang terbimbing, dua tokoh besar Madinah taslim, yaitu Sa'ad bin Mu'adz dan Usaid bin Hudhair.

syahidnya Sa

Atas kemurahanNya dan juga keislaman Sa'ad bin Mu'adz diikuti oleh seluruh bani Abdul Asyhal tidak seorang pun membantah seruannya sebelum matahari terbenam.Subhanallah...Alhamdulillah...Allahu Akbar
Ketika Perang Badar terjadi, Ummu Sa'ad mendorong dan menyemangati kedua putranya yaitu Sa'ad bin Mu'adz dan 'Amr bin Mu'adz untuk ikut berjihad.Ummu Sa'ad sangat bahagia kedua anaknya bergabung dalam misi tersebut.

Bahkan sang ibu berharap putranya dianugerahi syahadah di jalanNya.Namun takdir berbeda, mereka berdua pulang dengan selamat dan memperoleh kemenangan.Layaknya azam setiap mereka yang berjihad : " isy kariman aumut syahidan ( Hiduplah mulia atau matilah sebagai syahid ).

Ummu Sa'ad, menyeru anaknya Sa'ad bin Mu'adz untuk segera berangkat berperang, hingga ia tidak memperhatikan bahwa baju besi yang dipakai putranya tidak sempurna, seluruh sikunya terbuka dan terlihat jelas.Bahkan 'Aisyah r.a sempat mengingatkan hal tersebut.Rupanya itulah jalan menuju syahid.Sa'ad bin Mu'adz akhirnya menemui ajal, setelah urat lengan yang terkena panah menimbulkan luka yang cukup parah dan tidak kunjung sembuh.

Rasulullah Sahallallahu 'alaihi wa sallam pernah menemui Sa'ad saat terbaring sakit dan nafasnya tersengal-sengal.Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : " Semoga Allah membalas kebaikanmu selama ini sebagai pemimpin kaum yang baik.Engkau telah membuktikan janjimu, maka aku berdoa semoga Allah membuktikan janjiNya kepadamu ".

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : " 'Arsy Allah yang Maha Pengasih berguncang karena kematian Sa'ad bin Mu'adz ".
( HR. Muttafaq 'alaih ).

Ibnu Umar r.a berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : " Hamba shalih yang ( kematiannya ) telah mengguncang "Arsy, membuat pintu-pintu langit terbuka dan 70.000 malaikat hadir mengiringinya.Padahal mereka belum pernah turun ke bumi seperti ini sebelumnya, merasa kesempitan kemudian Allah memberinya keleluasaan.Hamba shalih yang di maksud adalah Sa'ad bin Mu'adz ".
(HR. Bukhari Muslim ).

Semoga bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,keluarga dan para shahabatnya.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
Sahabat sedang membaca artikel tentang 'Arsy Terguncang Karena Syahidnya Sa'ad bin Mu'adz dan sahabat bisa menemukan artikel 'Arsy Terguncang Karena Syahidnya Sa'ad bin Mu'adz ini dengan url https://webmdmk.blogspot.com/2012/02/arsy-terguncang-karena-syahidnya-saad.html, sahabat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 'Arsy Terguncang Karena Syahidnya Sa'ad bin Mu'adz ini sangat bermanfaat bagi teman-teman sahabat, namun jangan lupa untuk meletakkan link 'Arsy Terguncang Karena Syahidnya Sa'ad bin Mu'adz ini sebagai sumbernya.


2 komentar:

Ummu Nailah mengatakan...

mendapatkan ilmu di sini kawan...alhamdulillah

Ferry Nurse mengatakan...

Alhamdulillah banyak belajar di sini...

Posting Komentar

Terima kasih sahabat atas silaturahminya.
Semoga bermanfaat dan silahkan sahabat meninggalkan komentar atau pun kritikan demi perbaikan web ini.
Dimohon tidak meninggalkan SPAM.
Barakallahu Fiikum...

 

Statistic

Page Rank


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Negara

Free counters!

Sahabat Menebar Kebaikan

Komentar Sahabat


Return to top of page Copyright © 2011 | Web Menebar Kebaikan Converted into Blogger Template by HackTutors