Web MDMK

Menjaga Lisan



Menjaga Lisan
Bismillahirrahmanirrahiim
Alhamdulillah setelah lama tidak update lagi karena kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan maka malam hari ini kita akan kembali memposting mengenai menjaga lisan.Semoga bermanfaat sahabat semuanya...

Tidak diragukan lagi bahwa orang yang menjaga lidahnya dari segala yang diharamkan Allah Dan Rasul-Nya akan dicintai orang lain.Coba pikirkan, adakah orang yang selalu memainkan lidahnya mengutarakan kalimat-kalimat kotor, menceritakan aib orang lain, kerap berbohong, mencari-cari kelemahan saudaranya dan lain sebagainya akan menyenangkan hati orang-orang di sekitarnya.

Sama sekali tidak ! Orang-orang semacam itu tidak akan pernah disukai meski susu dimasukkan lagi ke dalam putingnya, atau meski unta masuk ke lubang jarum.
Apabila kita ingin dicintai dan meraih hati semua orang, maka jagalah lidah kita dengan selalu mengucapkan kebaikan.


Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "Jangan gerakkan lidahmu kecuali untuk kebaikan."
(HR. Ahmad )

Saudara-saudaraku seiman ! Bila kita menjaga lidah kita dan tidak menggerakkan kecuali untuk mengatakan hal-hal yang baik, maka bukanlah hanya kecintaan orang lain yang akan kita dapatkan, tapi juga surga yang akan dijanjikan.

Hal ini berdasarkan hadist dari Sahl bin Sa'ad r.a, ia berkata ; Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :
" Barangsiapa menjaga apa yang berada di antara jenggot dan kumisnya (lidahnya), serta menjaga apa yang berada di antara dua kakinya ( kemaluannya ), maka aku jamin surga untuknya ".
( HR. Bukhari (6474) ).
Beliau juga menjelaskan juga menegaskan bahwa seseorang mungkin mengucapkan suatu perkataan yang dapat membuatnya menderita di dunia dan akherat, sebagaimana ia juga mungkin mengucapkan suatu perkataan yang menyebabkan ia bahagia dan mendapat derajat yang tinggi.

Lebih jelasnya, perhatikan hadist dari Abu Hurairah sebagai berikut.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :
" Sesungguhnya seorang hamba itu akan mengucapkan suatu kalimat yang diridhai Allah, dia tidak menyadarinya, tapi dengan itulah ia mendapat derajat yang tinggi.Ada pula hamba yang mengucapkan suatu kalimat yang dimurkai Allah dan ia tidak menyadarinya, tapi dengan itulah ia diceburkan ke neraka Jahannam."
( HR. Bukhari (6478 )

Saudaraku, demi Allah, tidak ada seorang pun yang bisa menguasai hati kaum muslimin hingga mereka selamat dari kejahatan lidah dan tangannya ! Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam pernah ditanya mengenai orang Islam yang paling utama .Beliau menjawab : "Yaitu orang yang kaum muslimin lainnya selamat dari lidah dan tangannya."
( HR. Bukhari )

Saudaraku-saudaraku seiman, tidakkah kita ingin menjadi seorang muslim yang paling baik ? Kita bisa mendapatkannya dengan senantiasa menjaga lidah dari kesalahan dalam bicara,dan memikirkan masak-masak kalimat yang akan diucapkan.Jika dirasa ada baiknya, barulah kita bicara.Jika tidak, kita lebih baik diam.Keselamatan itu tidak bisa dibeli dengan apapun.

Perhatikan sabda Rasulullah Shallallahu 'Alahi Wa Sallam bersabda : "Diantara yang menunjukkan baiknya keislaman seseorang adalah ia meninggalkan sesuatu yang bukan urusannya."
(HR. At-Tirmidzi )

Semoga bermanfaat.Demikian tadi sahabat artikel mengenai menjaga lisan.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah melimpahkan shalawat, salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarganya, shahabat, serta seluruh pengikut beliau.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
Sahabat sedang membaca artikel tentang Menjaga Lisan dan sahabat bisa menemukan artikel Menjaga Lisan ini dengan url http://webmdmk.blogspot.com/2011/11/menjaga-lisan.html, sahabat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Menjaga Lisan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman sahabat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Menjaga Lisan ini sebagai sumbernya.


16 komentar:

BeST mengatakan...

pertama aq berkunjung ke blog ini dari blog Belajar Blogging!!
visit back ya

Arif-Bloggers mengatakan...

i love your posting...visit back jg yh,,,

Rama88 mengatakan...

kita harus pandai2 menjaga lisan, agar kita tidak ada musuhnya,, :) pepatah mengatakan "mulutmu harimaumu" hoooho.. thx udah mengingatkan sob,, :)

DEMUH mengatakan...

Menarik sob artikelnya..

Unknown mengatakan...

Blog yang sangat bagus gan,,,,, kunjungan balik and follow balik ya gan,,,,,,,

minta back link alexa.a gan soal nya punya ane baru ganti domain nih,,,

http://www.falahmulyana.com/

makasih ebelum nya gan.........
happy blogging gan

Unknown mengatakan...

mulutmu hariaumu..

cardiacku mengatakan...

Kunjungan silaturahmi malam sahabat di sini...Kita memang harus bisa untuk menjaga lisan-lisan kita dari perkataan yang tidak bermanfaat

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum. Silaturahmi kawan, artikel yang bermanfaat kawan

Wisata Bali mengatakan...

Walaupun lidah...tanpa tulang dan tidak tajam, tapi sangat berbahaya, bisa-bisa hati orang bisa terluka

Dhidhit mengatakan...

Aku tak ingin kata yang tidak baik menjadi kenyataan...
hati hatilah dalam berkata...
mohon ampunlah kepada Tuhan bila terlanjur berkata yang tidak baik...

Arjuna villa mengatakan...

Sesungguhnya manusia yang mampu menjaga ucapannya ialah manusia yang berakhlak mulia.

saryadi nilan mengatakan...

yup jagalah lisanmu,lisan lebih tajam daripada pedang maka berhati-hatilah,love,peace and gaul.

Budhi Insan mengatakan...

" Sesungguhnya seorang hamba itu akan mengucapkan suatu kalimat yang diridhai Allah, dia tidak menyadarinya, tapi dengan itulah ia mendapat derajat yang tinggi.Ada pula hamba yang mengucapkan suatu kalimat yang dimurkai Allah dan ia tidak menyadarinya, tapi dengan itulah ia diceburkan ke neraka Jahannam."

Astaghfirullah..., betapa banyak lisan ini mengucapkan kata2 yg tidak berguna..., makasih mas, selalu teduh di ruangan ini

Adhitya Nugraha Novianta mengatakan...

Hati hati dengan lisan, jagalah lisan, karena lisan bisa membuat orang terluka, lisan juga bisa menjadi sebuah doa, jadi bicaralah yang baik baik

Universitas Terbaik mengatakan...

memang selalu semua berawal dari lisan, jaga mulut, :D

Unknown mengatakan...

This is a very good article .. Thank you .. have a great day!.! happy blogging ...

Posting Komentar

Terima kasih sahabat atas silaturahminya.
Semoga bermanfaat dan silahkan sahabat meninggalkan komentar atau pun kritikan demi perbaikan web ini.
Dimohon tidak meninggalkan SPAM.
Barakallahu Fiikum...

 

Statistic

Page Rank


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Negara

Free counters!

Sahabat Menebar Kebaikan

Komentar Sahabat


Return to top of page Copyright © 2011 | Web Menebar Kebaikan Converted into Blogger Template by HackTutors