Web MDMK

Adab-Adab Salam



Adab-Adab Salam.
Bismillahirrahmanirrahiim...

Melanjutkan postingan kemarin sahabat yang membahas mengenai keutamaan memberikan salam maka pada pagi nan cerah serta ceria ini kita akan belajar bersama mengenai adab-adab salam.Semoga bermanfaat sahabat...

Salam berarti memohon perlindungan atau keselamatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Salam merupakan salah satu nama dari nama-nama Allah yang baik, yang mengisyaratkan doa " Semoga Allah menjadi penjaga dan pelindungmu !" Sebagaimana juga perkataan, "Semoga Allah bersamamu !"Maksudnya menjaga, memberi pertolongan dan mengasihi.
(Shifat Shalat An-Nabi.Al-Albani dlm catatan kaki hal 142).

Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :
"As-Salam adalah salah satu dari nama-nama Allah,Allah menempatkannya di muka bumi, maka dari itu tebarkanlah ia kepada sesama.Sesungguhnya jika seorang muslim lewat di depan sebuah kaum lalu memberi salam kepada mereka, niscaya ia akan mendapat keutamaan di atas mereka hanya dengan mengucapkan salam tersebut kepada mereka.Jika mereka tidak membalasnya, maka salam itu akan dijawab oleh yang lebih baik dari mereka."
( HR. Ath-Thabrani, Baihaqi )


Berikut adalah adab-adab salam adalah :

1. Yang lebih muda hendaklah memberi salam kepada yang lebih tua sebagai penghormatan kepadanya, orang yang lewat memberi salam kepada yang duduk, orang yang berkendaraan memberi salam kepada pejalan kaki, dan orang yang lebih sedikit memberi salam kepada orang yang lebih banyak, karena yang lebih banyak itu lebih utama.

Semua ini terungkap dalam hadist dari Abu Hurairah r.a dimana Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : " Hendaklah orang yang lebih kecil(muda) memberi salam kepada orang yang lebih besar (tua), orang yang lewat kepada orang yang sedang duduk, orang yang sedikit kepada yang banyak."
( HR. Bukhari (6231) )
Dalam riwayat lain disebutkan : "Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam kepada pejalan kaki."
( HR. Bukhari (6232) ; Muslim (2160) )

Akan tetapi, jika mereka yang sepantasnya menyampaikan salam terlebih dahulu tidak melakukan sunnah ini, maka hendaklah pihak lain tidak berdiam diri agar salam tidak hilang begitu saja dan semuanya bisa mendapatkan pahala.

Dalam riwayat dari Anas r.a disebutkan bahwa ia pernah lewat di depan beberapa orang bocah, lalu ia memberi salam kepada mereka.Setelah itu, ia mengatakan : "Rasulullah pernah melakukan hal yang sama."
(HR. Bukhari , Muslim ).

2. Salam hendaklah diucapkan dengan kata jamak, meski yang diberi salam hanya seorang.Tujuannya agar salam tersebut juga meliputi malaikat.namun bila dengan kata tunggal pun tidak mengapa, seperti kalimat "Assalamu 'alaika " atau " Salamun 'alaika " dengan menggunakan isim nakirah.Yang menjawab dengan menggunakan wawu 'athaf ( yang berarti dan) dengan mengatakan : "Wa'alaikum salam."

3. Salam hendaknya didengar oleh orang yang dituju. Apabila ia tidak mendengar, maka yang mengucapkan belum mengamalkan Sunnah.

Salam hadist Ibnu Umar r.a disebutkan (sabda Rasulullah ) : "Apabila kalian mengucapkan salam, maka perdengarkan, karena ia merupakan penghormatan dari sisi Allah."
( HR. Bukhari )

Apabila kita memasuki suatu tempat yang disana terdapat orang yang sedang tidur dan terjaga, maka ucapkanlah salam yang bisa didengar oleh yang terjaga saja, dan jangan membangunkan orang yang sedang tidur.

4. Berjabat tangan ketika bertemu dengan mengeratkan telapak tangan.Perilaku semacam ini mengandung fadhilah yang besar.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "Orang mukmin itu bila bertemu sesama mukmin, lalu memberi salam dan menjabat tangannya, maka akan berguguranlah dosa-dosa keduanya, layaknya daun yang berguguran dari pohon."
( Disebutkan oleh Al Mundziri dalam At-Targhib wa At-Tarhib, ia mengatakan :"Aku tidak mengetahui ada masalah pada diri para perawinya ).

5. Menghadapkan wajah pada orang yang memberi salam dengan raut muka yang berseri dan menggambarkan kelembutan serta akhlak yang mulia.Hal ini termasuk membalas ucapan selamat dengan yang lebih baik.

6. Tidak mengkhususkan salam hanya untuk orang yang dikenal, namun salam hendaknya diucapkan kepada orang yang dikenal dan yang belum dikenal.

Dari riwayat Abdullah bin Amr r.a bahwasannya ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam : "Islam yang bagaimanakah yang paling baik ?" Beliau menjawab : "Kamu memberi makanan ( kepada orang lain), membacakan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang belum kamu kenal."
( HR. Bukhari , Muslim ).

7. Mengucap salam terlebih dahulu sebelum berbicara apapun.
Dari riwayat Ibnu Umar r.a bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : " Barangsiapa memulai pembicaraan sebelum (mengucapkan) salam, maka jangan dijawab."
( HR. Ath Thabrani ).

8. Mamulai salam sesuai dengan tingkat keagamaan seseorang, misalnya para ulama dan tokoh yang terkenal kebaikannya, mereka didahulukan sebagai bentuk penghormatan, berbeda dengan mereka yang hanya punya kedudukan duniawi
( Hal ini disebutkan oleh Al-Qurthubi ).

9. Mengulang salam kepada seseorang yang bertemu berulang kali, meski belum lama berpisah.
Dari riwayat Abu Hurairah r.a, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : " Apabila salah seorang dari kalian bertemu dengan saudaranya (sesama muslim), hendaklah ia mengucap salam kepadanya.Apabila mereka terhalang pohon, tembok atau batu besar, lalu mereka mereka bertatap muka, maka hendaklah ia tetap megucapkan salam "
( HR. Abu Dawud (5200) )

10. Tidak mengucapkan salam dengan isyarat, baik dengan menggunakan jari, seluruh tangan atau kepala.
dari Riwayat Jabir r.a bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "Salam seseorang dengan satu jari menunjukkan perbuatan yahudi."
( HR. Ath-Thabrani )

11. Tidak memulai dengan ucapan "Alaikassalam ".
dari riwayat Abu Jurai Jabir bi Sulaim Al-Hijaimi, ia berkata : "Aku pernah datang kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dan langsung berkata : "Alaikassalam ya Rasulullah !
Beliau menjawab : "Jangan katakan 'Alaikassalam, karena itu ucapan penghormatan untuk orang mati."
( HR. Abu Dawud ).

12. Tidak memberi salam atau menjawab salam ahli bid'ah, atau yang terkenal sebagai pelaku dosa besar, sampai jelas bahwa ia bertaubat.

13. Tidak mulai memberi salam kepada orang kafir, dan bila disalami oleh mereka hanya dijawab :"Wa'alaik."
Dari riwayat Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :"Jangan kalian memberi salam terlebih dahulu kepada orang Yahudi dan Nasrani.Apabila kalian bertemu dengan mereka di jalanan, maka desaklah mereka ke tempat yang lebih sempit."
( HR. Muslim ).

Alasan larangan ini adalah, karena salam itu menyebabkan rasa kasih sayang dan Allah melarang hal itu dalam firman-Nya : "Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari Akherat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka."
( QS. Al-Mujaadilah (58) : 22 )


Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat. Demikian tadi sahabat artikel mengenai adab-adab salam.Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya, serta semua pengikut beliau.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
Sahabat sedang membaca artikel tentang Adab-Adab Salam dan sahabat bisa menemukan artikel Adab-Adab Salam ini dengan url http://webmdmk.blogspot.com/2011/10/adab-adab-salam.html, sahabat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Adab-Adab Salam ini sangat bermanfaat bagi teman-teman sahabat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Adab-Adab Salam ini sebagai sumbernya.


34 komentar:

al kahfi mengatakan...

dapet tausiyah salam, di pagi hari,, nice posting sob,,

saryadinilan mengatakan...

mari kita bersama biasakan salam agar selalu mendapatkan keberkahan,love,peace and gaul.

arr rian mengatakan...

Wah kebetulan sekalian tanya:
Kalau lewat sms. Tulisan Aslkm Wr.Wb. apakah sebuah salam yang benar?
Atau harus ditulis lengkap?

terima kasih

safru mengatakan...

Terimakasih atas pencerahannya sob

gamazoe mengatakan...

assalamu'alaikum mas.. sepertinya saya pun harus rajin mengucapkan salam, tausiah yang bagus mas.. syukron :)

Atma muthmainna mengatakan...

Assalamualaikum...
share yg menambah ilmu...makasih...

Ferry I mengatakan...

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Salam pun mempunyai adab ya sahabat....terima kasih atas berbagi artikel yang bermanfaat ini

pelancongnekad mengatakan...

pengetahuan agama yang mantap..
jadi nambah2 ilmu
nice post lah
;-)

Rama88 mengatakan...

terima kasih atas ilmu agamanya sobat,, sangat bermanfaat,, semoga kita selalu membudayakan mengucapkan salam ke sesama umat muslim,, amin,, :D

Jiox mengatakan...

salam sebagian dari mendoakan juga ya :)
makasih penjabaran tentang salam yang komplit sekali :D

Naufal Hanif Rabbani mengatakan...

Assalamu'alaikum, ane parkir dulu sob

btw, Nice sharing sob :D
oiya, ada yang baru di A-NX sob !

Kopiah Putih mengatakan...

Ass..
Askum..
Ackum..
Cikum..

Itulah kata2 salam yang sering saya temui di SMS, padahal sebnarnya lafadz salam itu penuh dengan banyak persepsi,
Makasih sahabat informasinya.

Web mdmk mengatakan...

@ al kahfi : Semoga bermanfaat sahabat
@ saryadinilan : Mari sahabt kita tebarkan salam dan juga kebaikan
@ arr rian : Tidak benar sahabat..memang sekarang banyak sekali hal tersebut dilakukan.Dengan seperti itu tidak mengandung arti apa-apa sahabat, padahal tujuan memberi salam adalah adalah mendoakan kebaikan untuk saudara kita.
--- Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh --- maknanya adalah “Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah kepadamu.”
Bukankah itu adalah doa untuk kebaikan sahabat...Semoga bermanfaat

Web mdmk mengatakan...

@ safru : Semoga bermanfaat sahabat...
@ gamazoe : Wa‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh...semoga bermanfaat
@ Atma muthmainna : Wa ‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh
@ Ferry I : Wa‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh
@ pelancongnekad : Semoga bermanfaat sahabat

Web mdmk mengatakan...

@ Rama88 : Semoga bermanfaat sahabat...
@ Jiox : Benar sahabat..maknanya seperti yang telah dijelaskan di atas
@ Naufal Hanif Rabbani : Terima kasih ats kunjungannya sahabat
@ Kopiah Putih : Selain itu tidak mempunyai makna apa-apa sahabat, padahal dengan salam adalah saling memberikan dan mendoakan kebaikan sahabat.
Semoga saja setelah kita tahu hal ini tidak lagi melakukan penyingkatan ucapan salam dalam bentuk apa pun.Paling singkat adalah Assalamu’alaikum...
Semoga bermanfaat sahabat semuanya

Mbah Qopet mengatakan...

assalamualaikum.wr.wb

semoga sobat selalu di beri rahmat dan hidayah-Nya
Tausyiah online yg sangat bermanfaat.

wassalamualaikum.wr.wb

Tautan Pena mengatakan...

Assalamu'alaikum...
Pena hadir dan silaturahmi malam...mempraktekkan adan - adab salam sahabat..Terima kasih atas berbagi artikelnya

Abu Farras mengatakan...

Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Jazakallahu khairan atas berbagi artikel yang bermanfaat ini saudaraku...

Ummu Nailah mengatakan...

Assalamu'alaikum...kawan
Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah kepadamu

Rama88 mengatakan...

assalamualaikum sahabat, sebelum melaksanakan shalat jum'at menyempatkan diri dulu utk menyapa sobat disini, atrikelnya sangat bermanfaat, terima kasih, selamat beraktifitas sobat,

Ardhito Dharma mengatakan...

Assalamu'alaikum

wah, keren abis nih postingan.
nambah ilmu. makasih yah :}

Achmad Rafsanjani mengatakan...

Assalamu'alaikum..
Subhannallah, jarang banget ada blog yang kayak gini, serius keren, bermanfaat banget..
Ilmu jadi nambah deh.. Alhamdulillah..

Said Arsyad mengatakan...

wah, ternyata banyak juga ya.. mencoba memperbaiki diri sob..

PS Holic mengatakan...

salam

Zh!nTho mengatakan...

Wah pagi2 aku kesini, nihh

Ibnu Siswoyo mengatakan...

Terima kasih sahabat atas erbagi artikel yang bermanfaat ini
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Error Shinobi mengatakan...

silaturahim disini..
sungguh artikel yg sangat bermanfaat .. !!

Web mdmk mengatakan...

@ Mbah Qopet : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh sahabat..semoga bermanfaat
@ Tautan Pena : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh sahabat
@ Abu Farras : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh sahabat semoga bermanfaat
@ Ummu Nailah : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh..aamiin
@ Rama88 : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh..Semoga bermanfaat
@ Ardhito Dharma : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh Semoga bermanfaat

Web mdmk mengatakan...

@ Achmad Rafsanjani : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh..Semoga bermanfaat
@ Said Arsyad : Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan sahabat
@ PS Holic : Terima kasih atas kunjungannya sahabat
@ Zh!nTho : Terima kasih atas kunjungan silaturahmi paginya sahabat
@ Ibnu Siswoyo : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh..Semoga bermanfaat
@ Error Shinobi : Terima kasih atas silaturahminya sahabat...

Insan Robbani mengatakan...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Alhamdulillah referensi yang bagus Sahabat
karena menebarkan salam bukan anya sekedar tradisi tapi menjadi perintah Allah dan Rasulnya...

reni mengatakan...

Assalamu'alaikum
Mampir ah, sekalian dapat ilmu plus menebarkan salam juga...
Terima kasih utk sharing ilmunya. :)
Wassalamu'alaikum

Liandri eko mengatakan...

kunjungan malam sob, sambil nambah ilmu disini

Web mdmk mengatakan...

@ Insan Robbani : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh..Benar sekali sahabat
@ reni : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh..semoga bermanfaat sahabat
@ Liandri eko : Terima kasih atas kunjungan silaturahminya sahabat

arqu3fiq mengatakan...

Subhanallah...saya telah mengacuhkan salam yang sangat penting, sunggu saya adalah orang yang tidak terpuji. Maafkanlah Hambamu ini ya Allah.

Poskan Komentar

Terima kasih sahabat atas silaturahminya.
Semoga bermanfaat dan silahkan sahabat meninggalkan komentar atau pun kritikan demi perbaikan web ini.
Dimohon tidak meninggalkan SPAM.
Barakallahu Fiikum...

 

Statistic

Page Rank


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Negara

Free counters!

Sahabat Menebar Kebaikan

Komentar Sahabat


Return to top of page Copyright © 2011 | Web Menebar Kebaikan Converted into Blogger Template by HackTutors