Web MDMK

Mengajak Kebaikan Dengan Hikmah



Mengajak Kebaikan Dengan Hikmah
Bismillahirrahmanirrahiim

Alhamdulillah Allah senantiasa memberikan kepada kita kenikmatan berupa nikmat iman,islam dan juga kesehatan sahabat.Melanjutkan postingan terakhir kita yaitu Bahagiakan Ibumu maka malam hari ini web MDMK akan kembali memposting tentang mengajak kebaikan dengan hikmah .Semoga bermanfaat sahabat

Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala : "Serulah ( manusia ) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik..."
( QS. An-Nahl (16) : 125 )

Bahwa sesungguhnya jalan hidayah telah terbuka pintu-pintunya.Oleh karena itu, marilah kita kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Sesungguhnya di pundak kita semua sebagai kaum mukminin terpikul kewajiban untuk menghadapi manusia yang merupakan objek kedua dalam etika dakwah.

Salah satu kewajiban kita adalah berbelas kasihan kepada manusia dan menyayangi mereka.Mengapa kita masih tetap berada di masjid kita, sedangkan banyak saudara kita yang lain membinasakan dirinya? Mengapa kita tinggal diam, sedangkan kedurhakaan telah mewabah dan menyebar ke mana-mana? Tidakkah kita merasa takut bila pengaruhnya datang menimpa kita, sedang kita berada di dalam rumah masing-masing.Naudzu'billah...

Sikap lembut dalam menyampaikan kebenaran lagi diutarakan dengan kasih sayang, bukan dengan menuding orang-orang yang melakukan kedurhakaan, merupakan salah satu penyebab meresapnya hidayah ke dalam hati mereka.Hanya dengan cara inilah, mereka dapat dibawa ke jalan kebaikan.

Berikut ini ada sebuah cerita dari Dr. 'Aidh bin 'Abdullah Al-Qarni.Yang menceritakan mengenai mengajak kebaikan dengan hikmah.Beliau mendengarnya langsung kisah berikut dari temannya seorang da'i yang berhasil.Semoga Allah mencerahkan kalbu dan pandangan hatinya serta memberinya hikmah.Kisah ini pula yang mengilhami web ini dinamakan Web Mengajak Dan Menebar Kebaikan sahabat semua.Selamat menyimak


Ia menceritakan bahwa dahulu di kota tempat tinggalnya terdapat seorang penjahat kawakan.Dia adalah pengedar narkoba, buron para polisi, tetapi sangat licin dan selalu lolos.Pernah terjadi tembak-menembak antara polisi dan dia, karena dia bersenjata, sehingga polisi kerepotan.Dia memutuskan hubungan dengan kedua orang tuanya dan saudara-saudaranya, lupa kepada Allah, dan terjerumus ke dalam lembah kedurhakaan sangat dalam, sehingga orang-orang tidak mampu menyadarkannya.

Ia berkata : "Selanjutnya,timbullah dalam pikiranku suatu rencana untuk menuntunnya ke jalan hidayah.Mudah-mudaan Allah memberinya petunjuk melaluiku.Untuk itu, aku bangun di penghujung malam,lalu kupanjatkan doa kepada Allah semoga Dia menjadikan petunjukNya dengan malaluiku.Aku pun puasa sehari sebelum pergi ke rumahnya.Mudah-mudahan Allah menjadikan upayaku ini termasuk amal shalih yang mendekatkan diriku kepadaNya.

Sebelum aku berangkat menemuinya, terlebih dahulu aku mempersiapkan hadiah yang terbaik guna memikat hatinya dan menundukkan jiwanya sebagaimana yang biasa Rasulullah Muhammad Shalllallahu 'Alaihi Wasallam dan para pengikutnya lakukan.Aku berangkat menuju rumahnya dengan membawa hadiah itu dan begitu aku melihatnya langsung kuucapkan salam kepadanya dan kuucapkan kepadanya : " Aku menyukaimu karena Allah dan kulihat ada tanda-tanda kebaikan pada dirimu ."

Sebenarnya tidak ada satupun tanda kebaikan pun pada dirinya karena wajahnya sama dengan tengkuknya, kelihatan gelap daripada malam yang pekat.Aku katakan demikian sebagai cara untuk memikat hatinya, yaitu dengan menggunakan sihir yang halal.

Sihir itu memang ada yang halal dan ada yang haram.Adapun sihir yang halal adalah seperti "senyuman kita" di hadapan orang lain.Kita peluk orang-orang yang durhaka untuk menuntun mereka ke jalan menuju surga, agar mereka menjadi nilai tambah bagi neraca amal kebaikan kita.

Memang mengeluarkan kata-kata yang kasar itu mudah,mengernyitkan dahi tidak sulit,menggunakan pentungan gampang, dan memakai cambuk adalah mudah.Akan tetapi, cara ini tidak membangun, membuat liar dan tidak menjinakkan, serta akan mendapatkan reaksi keras, bukan penyelesaian yang lembut dan positif.Dalam sebuah pepatah dikatakan bahwa barang siapa yang tidak bersikap lembut, niscaya akan dijauhkan dari semua kebaikan.

Dalam sebuah hadist disebutkan : "Tidaklah sekali-kali sikap lembut dilakukan terhadap sesuatu, melainkan akan menghiasinya, dan tidaklah sekali-kali ia dicabut dari sesuatu, melainkan akan memperburuknya."
( HR. Muslim, Ahmad, dan Abu Dawud )
Dalam hadist lain disebutkan : "Sesungguhnya Allah Maha Lembut lagi menyukai kelembutan dalam semua urusan."
( HR. Bukhari, Muslim, Ahmad )
Selanjutnya orang tersebut memandang ke arahku dan bertanya : "Apakah anda mengenal saya ?"Aku jawab : " Tidak, tetapi aku pernah melihatmu dalam beberapa pertemuan, maka terimalah hadiah dariku ini."Dan dia pun menerimanya.Setelah itu aku tidak mengeluarkan sepatah kata pun dan pulang kerumahku.Dalam hatiku aku berkata : "Alhamdulillah, aku telah berhasil dalam langkah pertamaku."

Selang beberapa hari kemudian, aku datang kepadanya dan kukatakan : "Aku minta kepada Anda dengan nama Allah sudilah Anda berkunjung ke rumahku, karena sesungguhnya aku suka kepada Anda."Dia menjawab : "Aku akan datang ke rumah anda ".Aku pun menentukan suatu waktu yang tidak ada padanya selain aku dan dia.Setelah tiba waktu itu, ia datang menemuiku dan aku pun menjamunya makan siang bersama di dalam rumahku.

Demi Allah, aku tidak mengucapkan kepadanya suatu kata pun yang mengandung ajakan.Setelah makan siang pun ia pamit kepadaku untuk pulang dan aku berkata lagi kepada diriku : "Ini keberhasilan langkah kedua.Pada kali yang ketiganya aku berkata kepadanya : "Aku ada keperluan di kampung sebelah dan aku ingin agar Anda mememaniku !" Dia setuju dan ikut naik ke dalam kendaraanku.

Setelah ia menyatakan kesediaannya untuk ikut menemaniku, aku beribtihal memuji Allah dengan air mata yang berlinang seraya berdoa kepada Allah semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menganugerahkan ketulusan pada diriku dan menjadikan lisanku lancar untuk mengemukakan kebenaran...

Selama dalam perjalanan lisanku mulai berbicara dan datanglah ilham dari Allah kepadaku.Aku sendiri merasa heran bagaimana aku dapat mengeluarkan kata-kata yang begitu menyentuh hatinya.Kulihat lelaki itu mengucurkan air matanya mendengar kata-kataku.Ternyata Allah Subhanahu Wa Ta'ala menghidupkan fitrahnya dan menjadikannya bergerak sensitif dengan penuh semangat dalam kalbunya.Kalimah Laa ilaaha Illallah pun hidup dalam jiwanya.

Aku katakan kepadanya : "Sebenarnya aku ingin menghindarkanmu dari neraka dan aku ingin menuntunmu ke jalan menuju surga." Pengertian ini aku ungkapkan kepadanya dalam pembicaraan yang lama dan waktu yang tidak sedikit.

Selanjutnya,dia berkata : "Ulurkanlah tanganmu !" Aku pun mengulurkan tanganku menjabat tangannya.Ia berkata : "Aku bersaksi kepada Allah, para malaikat-Nya,dan malaikat-malaikat pemikul 'Arsy-Nya, dan aku bersaksi kepadamu bahwa sesungguhnya aku sekarang bertobat kepada Allah dan aku memohon kepadamu dengan nama Allah yang tidak ada Tuhan, selain Dia, sudilah sebelum fajar engkau datang menyamperku untuk membawaku ikut serta ke masjid."

Sesudah itu aku pulang.Singkatnya, setelah selang beberapa hari dia shalat di masjid bersamaku dan mulai mendatangi kedua orang tuanya yang keduanya sudah lanjut usia.Sebelum itu dia menjauh dari keduanya selama beberapa tahun dan tidak mengunjunginya.

Dia masuk menemui mereka, sedang tanda kebaikan tergambarkan melalui roman mukanya yang sekarang terlihat seakan-akan bercahaya.Mereka pun bertanya dengan nada heran : " Benarkah ini kamu ?"Ia menjawab : " Benar, ini saya !" selanjutnya, ia mencium tangan dan kepala kedua orang tuanya, maka dengan spontan mereka menagis gembira sehingga rumahnya dipenuhi dengan nuansa kegembiraan.Mendadak kegembiraan merasup dalam diriku, sehingga saking gembiranya aku tidak dapat menahan air mataku."

Wahai saudara-saudaraku kaum muslim, seyogyanya seperti itulah tindakan yang dilakukan.Inilah cara yang pernah dgunakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, yaitu cara yang ampuh lagi menakjubkan untuk menyentuh hati manusia.Cara ini dapat membalikkan musuh bebuyutan menjadi teman yang setia, sehingga mereka yang diserunya menjadi shahabat-shahabat pilihan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Semoga bermanfaat.Demikian tadi sahabat artikel mengenai mengajak kebaikan dengan hikmah .Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
Sahabat sedang membaca artikel tentang Mengajak Kebaikan Dengan Hikmah dan sahabat bisa menemukan artikel Mengajak Kebaikan Dengan Hikmah ini dengan url http://webmdmk.blogspot.com/2011/10/mengajak-kebaikan-dengan-hikmah.html, sahabat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengajak Kebaikan Dengan Hikmah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman sahabat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengajak Kebaikan Dengan Hikmah ini sebagai sumbernya.


46 komentar:

anisayu mengatakan...

mengajak kebaikan sesama yg ga baik sama kita itu keindahan yg bisa buat perasaan ringan tak berbeban, dan punya banyak teman karna kita baik hmmmm senang rasa

artikelnya mantab....

Web mdmk mengatakan...

@ anisayu : Semoga bermanfaat sahabat...

halamanputih mengatakan...

Mengajak kebaikan merupakan satu perbuatan yang insya Allah bernilai ibadah, sedangkan kebaikan itu sendiri pasti akan berbuah sesuatu yang positif.

Thanks telah berbagi

Ferry I mengatakan...

Alhamdulillah mendapat pencerahan kembali di sini..terima kasih sahabat

Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

brarti mengajarkan kebaikan dengan pengalaman :) nice share gan :)

Tips Cahaya mengatakan...

tebar senyuman.... :) :) :)

Dayz Hidayat mengatakan...

memang,, setiap tingkah laku dan perbuatan manusia mempunyai dampak baik dan buruk
hanya orang2 yang percaya akan itu bisa memetik hikmah dari segala hal :)

arqu3fiq mengatakan...

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, itu juga bisa di jadikan hikmah dalam sebuah pembelajaran hidup. Dengan kegagalan kita tidak merasa putus asa. Semoga kebaikan tertuang dari hikmah yang sangat berharga. Nice post.

al kahfi mengatakan...

dgn mengajak kebaikan mungkin kalao yg di ajak ikut berbuat baik ,pahala yg di dapat bs berlipat2 kali y,, krn kebaikan yg kita beri terus ber estapet..

Tautan Pena mengatakan...

Pena hadir dan bersilaturahmi sahabat...
Terima kasih telah senantiasa berbagi kebaikan sahabat

Admin mengatakan...

wah, sangat bagus postingnya,
sudah mengingatkan kita untuk selalu berbuat kebaikan dimanapun dan kapanpun juga,
jadi inget pas belajar di pondok dulu ne, kalo mau mengajak kebaikan dengan hikmah dan Mau'idzotul hasanah, bukan dengan kekerasan dan paksaan, itu adalah strategi dakwah yang paling efektif.....
Rasul pun tidak pernah menyuruh/memaksa seseorang untuk berbuat sesuatu sedangkan ia sendiri tidak melakukannya (kaburo maktan), tapi beliau mengajak, melaksanakan, baru kemudian menyuruh sahabat untuk melakukan sesuatu yang sudah beliau rasul lakukan,

makasih infonya, di tunggu postingan selanjutnya.

topjer mengatakan...

cerita yg inspiratif untuk mnjadi bhn renungan hri ini, ilmu yg bnr2 bermanfaat saudaraku

_ciids mengatakan...

:)
api gak harus dibalas dengan api,,
karena apabila terus sperti itu tidak akan ada habisnya :)

_ciids mengatakan...

@_ciids

ijin follow ya :)
ditunggu foll baliknya :)

Venomia Blog mengatakan...

terima kasih menambah ilmu nih buat saya..salam sahabat..^^

Rama88 mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya sobat, mengajak kebaikan memang suatu perbuatan yg sangat terpuji,, :D,,

Nero mengatakan...

terimakasih atas penjelasannya nya sob, ilmu yang benar-benar berguna nnti kelak

Said Arsyad mengatakan...

semoga apa yang diharapkan dapat terkabul. amin.

Web mdmk mengatakan...

@halamanputih : Bernilai ibadah bila diniatkan dengan baik menggapai ridho-Nya sahabat
@Ferry I : Terima kasih sahabat atas kunjungannya
@Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) : Dengan pengalaman akan lebih berkualitas caranya karena telah mengalaminya sendiri sahabat
@Tips Cahaya : Terima kasih atas senyumannya sahabat...

Web mdmk mengatakan...

@Dayz Hidayat : Hikmah dalam mengajarkan dan mengajak kebaikan sahabat
@arqu3fiq : Kegagalan akan membuat orang yang optimis akan kekuasaan Allah yang akan bangkit dan berusaha untuk berbuat yang lebih baik lagi sahabat
@al kahfi : Insya Allah sahabat...

Web mdmk mengatakan...

@_ciids : Melawan api bukan dengan api sahabat...akan tambah membesar..Gunakanlah air..maka api itu akan padam dan berubah dingin sahabat
@Venomia Blog : Semoga bermanfaat sahabat...
@Rama88 : Semoga bermanfaat sahabat...terima kasih telah berkunjung

Web mdmk mengatakan...

@Nero : Semoga bermanfaat sahabat
@Said Arsyad : aamiin..aamiin

Make You Smile mengatakan...

Wow itu yang saya inginkan, mengajak kebaikan

bopfive5 mengatakan...

wah jd inggat disini jd takut berbuat dosa ,semoga ak masih di beri rsa takut itu thnks u

Naufal Hanif Rabbani mengatakan...

thank's sob udah berbagi artikel kayak ginian.. ,

Nambah lagi ilmu ane ..

Ummu Nailah mengatakan...

Trima kasih kawan dapat pencerahan kembali di pagi hari

Abu Farras mengatakan...

Luar biasa kisah di atas saudaraku...hikmah kelembutan dan niat ikhlas untuk menggapai ridho Allah-lah yang memudahkan penjahat kawakan tersebut mendapatkan Hidayah Allah Ta'ala...
Terima kasih saudaraku telah berbagi kisah yang semoga kita bisa ambil hikmahnya aamiin

Musa Khairul Umam mengatakan...

Wah terima kasih yach infonya,lumayan nih ane dapet pengalaman baru

Web mdmk mengatakan...

@Make You Smile : Semoga bermanfaat sahabat
@bopfive5 : Rasa takut itu yang membuat kita menjauhi dari maksiat sahabat
@Naufal Hanif Rabbani : Semoga bermanfaat

Web mdmk mengatakan...

@Ummu Nailah : Semoga bermanfaat sahabat
@Abu Farras : Semoga kita bisa mengambil ibrah dari kisah di atas sahabat
@Musa Khairul Umam : Semoga bermanfaat pengalaman barunya sahabat

Belajar Komputer mengatakan...

bagus artikelnya lengkap dengan penjelasan hadist gan

Rama88 mengatakan...

kunjungan silaturahmi sobat,, terima kasih atas penjelannya, sangat banyak pembelajaran baru yg bisa saya dapat dari sini tentang agama, hehehe. happy weekend sobat

Bisnis Online Blog mengatakan...

sanagt bagus sekali, mengingatkan kita untuk selalu berbuat kebaikan antara sesama, jalan kemudahan pasti terbentang.

Oh ya sob, ada undangan untuk para blogger silahakan di simak di gubuk BOB Ya ^_^

rusydi hikmawan mengatakan...

ya memang mengajak dg hikmah selalu menyejukkan, walau pesan ajakannya itu negatif

Rawins mengatakan...

mengajak berbuat baik dengan kata kata memang paling mudah
tapi juga paling ga efektif karena jarang menyentuh hati
lebih parah lagi kalo malah dibilang jarkoni
dengan perilaku teladan memang paling seep

katils mengatakan...

mengajak kebaikan adalah suatu perbuatan terpuji

katils mengatakan...

mengajak kebaikan adalah suatu perbuatan terpuji

gamazoe mengatakan...

subhallah indah sekali mas.. semoga tidak ada lagi permusuhan dimuka bumi ini, bukankah damai itu jauh lebih indah.. :)

ABAH KOES mengatakan...

Assalammu'alaikum, Izin Silaturahmi Sobat salam kenal ya dari newbie, mohon sharingnya ya sobat.

Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

wahhh sob datang kesini tetapi tidak ada postingan baru ;) yawes kesini aja :D support banget deh nih :D btw ane udah ana sebutir postingan terbaru nih :)

Web mdmk mengatakan...

@Belajar Komputer : Semoga bermanfaat sahabat
@Rama88 : Terima kasih atas kunjungannya sahabat...semoga bermanfaat
@Bisnis Online Blog : Hanya saling berbag untuk kebaikan sahabat...Bersilaturahmi ke blog sahabat

Web mdmk mengatakan...

@rusydi hikmawan : Semoga bermanfaat sahabat
@Rawins : Diberikan dengan ilmu dan dopraktekkan dengan teladan yang baik sahabat.
@katils : Semoga bermanfaat sahabat

Web mdmk mengatakan...

@gamazoe : Semoga bermanfaat sahabat...Semoga kedamaian nantinya akan datang di negeri kita tercinta ini
@ABAH KOES : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh...semoga bermanfaa sahabat
@Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) : Baru saja ini memposting yang baru sahabat

Candrameda Al Ghozali mengatakan...

Artikel yg indah yg pernah saya baca, keep your brilliant post!!!

Bisnis Online Blog mengatakan...

Lakukan kebaikan dengan segera mungkin.Trims sob

Adhitya Nugraha Novianta mengatakan...

Marilah berlomba lomba dalam kebaikan

Posting Komentar

Terima kasih sahabat atas silaturahminya.
Semoga bermanfaat dan silahkan sahabat meninggalkan komentar atau pun kritikan demi perbaikan web ini.
Dimohon tidak meninggalkan SPAM.
Barakallahu Fiikum...

 

Statistic

Page Rank


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Negara

Free counters!

Sahabat Menebar Kebaikan

Komentar Sahabat


Return to top of page Copyright © 2011 | Web Menebar Kebaikan Converted into Blogger Template by HackTutors