Web MDMK

Keutamaan Memberikan Salam



Keutamaan Memberikan Salam.Bismillahirrahmanirrahiim....Alhamdulillah pagi hari ini kita masih senantiasa diberikan nikmat berupa iman dan juga kesehatan serta kelapangan waktu sahabat.Setelah kemarin kita memposting mengenai Al - Bari maka perkenankan di pagi hari nan cerah ini kita belajar bersama mengenai keutamaan memberikan salam.Semoga bermanfaat sahabat...

Salam berarti memohon perlindungan atau keselamatan kepada Allah Subahanahu Wa'tala.Salam merupakan salah satu nama dari nama-nama Allah yang baik, yang mengisyaratkan doa " Semoga Allah menjadi penjaga dan pelindungmu !" Sebagaimana juga perkataan, "Semoga Allah bersamamu !"Maksudnya menjaga, memberi pertolongan dan mengasihi.
(Shifat Shalat An-Nabi.Al-Albani dlm catatan kaki hal 142).

Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "As-Salam adalah salah satu dari nama-nama Allah, Allah menempatkannya di muka bumi, maka dari itu tebarkanlah ia kepada sesama.Sesungguhnya jika seorang muslim lewat di depan sebuah kaum lalu memberi salam kepada mereka, niscaya ia akan mendapat keutamaan di atas mereka hanya dengan mengucapkan salam tersebut kepada mereka.Jika mereka tidak membalasnya, maka salam itu akan dijawab oleh yang lebih baik dari mereka."
( HR. Ath-Thabrani, Baihaqi )


Beberapa keutamaan memberikan salam adalah sebagai berikut :

1. Di antara faidah utamanya memberikan salam adalah melaksanakan perintah Allah, karena itulah tujuan kebahagiaan seorang manusia dalam hidupnya di dunia dan akhirat.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman : "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta ijin dan memberi salam kepada penghuninya.Yang demikian lebih baik bagimu agar kamu (selalu) ingat."
( QS. An-Nuur (24) : 27 )

Firman-Nya yang lain : "Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah) dari rumah-rumah (ini), hendaklah kamu memberi salam kepada penghuninya yang berarti memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari Sisi Allah yang diberi berkah lagi baik."
( QS. An-Nuur (24) : 61 ).

2. Menyebarkan asma Allah Subhanahu Wa Ta'ala kepada sekalian manusia dan menghidupkan Sunnah Nabi kita, Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam.

3. Menyebarkan salam adalah sifat para maikat yang mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan para wali-Nya yang bertakwa.
Allah berfirman : "Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan ? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan, "Salaman ", Ibrahim menjawab Salamun' (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal."
( QS. Adz-Dzaariyaat (51) : 24-25 ).

4.Salam adalah salah faktor penyebab kelembutan hati sesama muslim, menebar pesan cinta, menghilangkan kebencian dan permusuhan, serta salah satu kunci yang ampuh untuk membuka hati banyak orang.
Salam adalah sarana menuju sikap saling cinta yang merupakan sarana menuju iman yang akan membawa kita ke surga.
Dari riwayat Abu Hurairah r.a, ia berkata : " Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : " Demi Dzat yang jiwaku berada dalam kekuasaanNya, tidaklah masuk surga hingga kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman hingga kalian saling mencintai.Maukah kutunjukkan kepada kalian sesuatu yang dapat menumbuhkan rasa saling cinta ? Sebarkan salam di antara kalian."
( HR. Muslim (54) ).

5. Salam adalah salah satu perkara yang dapat menyempurnakan iman.
Dari riwayat Ammar bin Yasir r.a, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "Ada tiga hal yang dimiliki semuanya, berarti terkumpullah keimanan ; Berbuat adil pada diri sendiri, Menebar kesejahteraan di bumi dan berinfak dalam kesusahan ."
( HR. Bukhari (155)

6. Salam akan mendatangkan berkah, baik kepada orang yang mengucapkan maupun yang menjawab.
Dari riwayat Anas r.a ia berkata : "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda kepadaku : "Wahai anakku ! Bila kamu masuk ke rimahmu, maka ucapkanlah salam ( terlebih dahulu) ! Kamu akan mendapatkan berkah, demikian pula penghuni rumahmu."
( HR. At-Tirmidzi ).

7. Salam membuat iri orang yahudi yang dimurkai Allah.
Dalam riwayat Aisyah r.a, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "Orang yahudi tidak pernah dengki kepada kalian melebihi kedengkian mereka terhadap syariat salam dan pemberian rasa aman."
( HR. Ibnu Majah ).

8. Salam juga merupakan salah satu sebab masuknya seseorang ke dalam surga.
Dari riwayat Abu Yusuf Abdullah bin Salam r.a, ia berkata : "Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : "Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambungkan tali silaturrahim (persaudaraan), dan dirikanlah shalat di malam hari, pada saat orang lain tidur.(Dengan begitu), kalian akan masuk surga dengan selamat."
( HR. At-Tirmidzi ).

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat. Demikian tadi sahabat artikel mengenai keutamaan memberikan salam.Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat, salam dan keberkahan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya, serta seluruh pengikut beliau.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
Sahabat sedang membaca artikel tentang Keutamaan Memberikan Salam dan sahabat bisa menemukan artikel Keutamaan Memberikan Salam ini dengan url http://webmdmk.blogspot.com/2011/10/keutamaan-memberikan-salam.html, sahabat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Keutamaan Memberikan Salam ini sangat bermanfaat bagi teman-teman sahabat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Keutamaan Memberikan Salam ini sebagai sumbernya.


50 komentar:

saryadinilan mengatakan...

yup benar banget,,selain itu dapat selalu menjaga tali silahturahmi antar umat, mengucapkan salam kan gak bayar,love and gaul.

Nero mengatakan...

keduaaxxx, nice inpoo sobb :D

Abu Farras mengatakan...

Terima kasih sahabat atas berbagi ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat seperti ini.
Begitu besar hikmah dan keutamaan salam sahabat bila kita mengetahui dan sudah semetinya kita untuk bisa mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari

Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

Salam merupakan sikap yang menandakan diri seseorang adalah sesosok yang beriman :)

al kahfi mengatakan...

assalammualaikum,, trims tausiyah nya di siang hari ini sobat,,,wassalam..met siang,& met makan siang..salam sahabat

Error Shinobi mengatakan...

makasih infonya...
jadi nambah ilmu nih disini ... :)

Penghuni 60 mengatakan...

tp terkadang byk yg asal2an ngucapinnya sob...

Atma muthmainna mengatakan...

share yang bermanfaat sekali.makasih

Bayu Yudistiro mengatakan...

Subhanallah.. Nice info gan.. :)

Ferry I mengatakan...

Setelah kita mengetahui hikmahnya maka saatnya kita untuk mempraktekkannya..Makasih sahabat atas berbagi srtikel yang bermanfaat ini

Rama88 mengatakan...

salam merupakan simbol bahwa mereka umat muslim yg beriman,, thx atas infonya,, keep posting and happy blogging sob,, :D

Web mdmk mengatakan...

@ saryadinilan : Semoga bermanfaat sahabat
@ Nero : Terima kasih dan semoga bisa berguna sahabat
@ Abu Farras : Semoga kita diberikan kekuatan untuk mengamalkannya sahabat.
@ Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) : Beriman dan mengamalkan salah satu isi Al-qur'an dan sunnah Rasulullah shallallahu a'alaihi wa sallam.
@ al-kahfi : Wa'alaikumussalam sahabat...Semoga berguna dan bermanfaat

Web mdmk mengatakan...

@ Error Shinobi : Semoga berguna sahabat
@ Penghuni 60 : Karena mereka tidak memahami arti dari salam itu sendiri sahabat.Andaikan mereka mengetahuinya tentunya akan mengucapkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
@ Atma muthmainna : Semoga bermanfaat sahabat
@ Bayu Yudistiro : Semoga bermanfaat sahabat
@ Ferry I : Semoga kita mengamalkannya sahabat.
@ Rama88 : Terima kasih dan semoga bermanfaat sahabat

Musa Khairul Umam mengatakan...

Postingannya bagus gan,kalo gitu ane akan sering2 kesini aja :D

Nurmayanti Zain mengatakan...

Assalamu'alaikum :)

Web mdmk mengatakan...

@ Musa Khairul Umam : Terima aksih sahabat atas kunjungan silaturahminya.
@ Nurmayanti Zain : Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

brijakartaveteran mengatakan...

salam sahabat
sangat bermanfaat dan mencerahkan.

Ummu Nailah mengatakan...

Terima kasih kawan atas berbagi artikel yang bermanfaat ini.
Hal yang tidak terlalu berat tetapi seringkali terlupakan oleh kita kawan

irfanhandi mengatakan...

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
memang seharusnya kita sesama muslim saling mendo'akan.
do'a yang paling sederhana namun memiliki makna yang besar adalah salam.
Terimakasih telah berbagi.

katils mengatakan...

asalamu'alaikum wr wb lama gak berkunjung *krn ksbukan pekrjaan*

biasakan uluk salam

Liandri eko mengatakan...

salam memang sangat penting

NECKY mengatakan...

artikel yang bermanfaat bagi semuanya ....thx

Ibnu Siswoyo mengatakan...

Terima kasih sahabat atas berbagi artikel yang mengingatkan kepada kita semaunya akan pentingnya mengucapkan salam karena kita telah mengetahui akan keutamaannya

ROe Salampessy mengatakan...

Assalamualaikum akhy.. ane mampir nih.. ! :)

Tautan Pena mengatakan...

Pena hadir dan bersilaturahmi kembali di sini sobat...
Ringan dan berpahala bila kita melakukannya sesuai yang dicantumkan dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah sobat

rieztokho mengatakan...

Assalamu'alaikum Terima kasih ilmunya sobat...

bagi bagio mengatakan...

Assalamu Alaikum Boss!!!
Emang memberi Salam tuh Wajib hukumnya,, selain Kita diberi pahala oleh Alloh, Kita saling mendo'akan sesama Muslim & dapat mempererat Ukhuwah Islamiyah!!!
Alangkah indahnya jika Kita saling menebar SALAM!!!
^_^
Wassalamu Alaikum Boss..

Advan Angkasa mengatakan...

Posting yang bermanfaat, mengingatkan kita sesama muslim untuk saling memberikan salam,
Menyebarkan pesan-pesan Islam, allah akan membantu,thanks telah berbagi.
http://zikir.spi-blog.com

Naughtyric mengatakan...

sip mas artikelnya, saya mo salam disini juga ah,hehe,,
happy blogging salam kenal ya mas :)

Naufal Hanif Rabbani mengatakan...

mkasih sob,
jd nambah iman ane di sini :)

Akmal Fahrurizal mengatakan...

salam itu saling mendoakan juga ya kepada sesama muslim.. :)

NgeCis mengatakan...

Assalamualaikum...

Thanjawa Arif mengatakan...

Salam silaturahmi juga mbak, adalah suatu kebanggaan bila bisa menebarkan salam sebagai salah satu ciri khusus seorang muslim.

Kopiah Putih mengatakan...

Saya baru tahu point ke 8 itu mas..
Makasih ya infonya.

Musa Khairul Umam mengatakan...

Berkunjung silaturohmi lagi nih :D

Web mdmk mengatakan...

@ brijakartaveteran : Semoga bermanfaat
@ Ummu Nailah : Benar sahabat, semoga kita bisa mengamalkannya
@ irfanhandi : Wa'alaikumussalam ...Saling mendoakan kebaikan dan juga mendapatkan kebaikan sahabat
@ katils : Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh...
@ Liandri eko : Penting dan membuahkan kebaikan dan berpahala sahabat

Web mdmk mengatakan...

@ NECKY : Semoga bermanfaat sahabat
@ Ibnu Siswoyo : Semoga kita bisa mengamalkannya sahabat
@ ROe Salampessy : Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh...Barakallahu fiik
@ Tautan pena : Benar sahabat...tuntunan kita adalah Al-Qur'an dan Hadist
@ rieztokho : Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Web mdmk mengatakan...

@ bagi bagio : Wa'alaikumussalam...Mari kita tebarkan kebaikan dengan senyuman dan salam sahabat...
@ Advan Angkasa : Semoga bermanfaat sahabat
@ Naughtyric : Semoga bermanfaat sahabat
@ Naufal Hanif Rabbani : Semoga bermanfaat sahabat
@ Akmal Fahrurizal : Mendoakan kebaikan bagi saudara-saudara kita sahabat

Web mdmk mengatakan...

@ NgeCis : Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
@ Thanjawa Arif : Menunjukkan identitas kita sebagai muslim sahabat
@ Kopiah Putih : Semoga bermanfaat sahabat...
@ Musa Khairul Umam : Terima kasih atsa silaturahminya sahabat

Mr.Anugrah Putra mengatakan...

ane kadang hrs instropeksi ne kyknya soalnya ane kadang melupakan salam :) thanks yah sob artikelnya bsa ingatkan saya :) jgn lupa berkunjung balik yah sob :)

http://bisnisstylemagazine.blogspot.com/search/label/Lifestyle

Said Arsyad mengatakan...

wah, memang salam itu bener2 membuat tali persaudaraan makin erat. terbukti walaupun tidak kenal satu sama lain, namun bisa jadi akrab di karenakan salam tersebut..

Web mdmk mengatakan...

@ Mr.Anugrah Putra : Semoga bermanfaat dan yang terpenting bisa diamalkan sahabat..terima kasih atas silaturahminya
@ Said Arsyad : Mempererat tali silaturahmi, mendapatkan kebaikan dan berpahala sahabat

campuran mengatakan...

info yg bagus gan.... makasih uda mampir gan...

CahNdeso mengatakan...

Suatu hari, saya marah pada anak saya karena dia mbolos sekolah. Saya sudah berniat memarahinya habis-habisan; E.. ketika dia datang, langsung mengucap "Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh"; mau tidak mau saya harus membalas salamnya. Dan kemarahan saya yang menggelegak, menjadi turun (cooling down) seketika. Saya tidak jadi marah, hanya menasihatinya!
Salam sahabat, ilmu ini bermanfaat bagi saya!

Web mdmk mengatakan...

@ campuran : Semoga bermanfaat sahabat...
@ CahNdeso : Semoga bermanfaat sahabat...itulah salah satu hikmah kita diajarkan salam oleh Rasulullah bahwasannya salam adalah untuk saling mendoakan kebaikan

Oemar mengatakan...

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh...

setuju, sangat setuju.

karena dengan salam kita dapat meninggakat tali silaturahmi sesama muslim lainnya untk menegakan ukhuwah islamiyah.

salam sahabat, salam blogger, salam sukses slalu.

Web mdmk mengatakan...

@ Oemar : Wa'alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh..terima kasih sahabat atas silaturahminya dan semiga bermanfaat sahabat

happy4reading mengatakan...

nice posting, i love it,.

Candrameda Al Ghozali mengatakan...

great jobs n keep your brilliant post.

Nuno mengatakan...

Semut aja kalau ketemu memberi salam ko

Posting Komentar

Terima kasih sahabat atas silaturahminya.
Semoga bermanfaat dan silahkan sahabat meninggalkan komentar atau pun kritikan demi perbaikan web ini.
Dimohon tidak meninggalkan SPAM.
Barakallahu Fiikum...

 

Statistic

Page Rank


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Negara

Free counters!

Sahabat Menebar Kebaikan

Komentar Sahabat


Return to top of page Copyright © 2011 | Web Menebar Kebaikan Converted into Blogger Template by HackTutors