Web MDMK

Meremehkan Dosa



Meremehkan Dosa

Bismillahirrahmanirrahiim

Di antara pintu masuk setan untuk menggoda manusia adalah mendatanginya dengan mengatakan, “Ini hanya dosa kecil, ini masih ringan.” Sehingga setan mampu menjerumuskan ke dalam kubangan dosa ini. Dengan meremehkan dosa-dosa yang telah dilakukannya, ia pun melakukan berbagai macam dosa.Ia melanggar larangan dan hukum-hukum Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Namun seorang muslim yang cerdas dan berakal, senantiasa memelihara dirinya dari berbagai noda dosa kecil dan besar. Sebab, melakukan dosa kecil akan menuntun seseorang melakukan dosa besar. Bahkan, apabila dosa-dosa kecil menumpuk pada diri seseorang, ia akan membinasakan orang tersebut.

Dari Sahal bin Sa’ad r.a ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jauhilah dosa-dosa kecil, (karena perumpamaan orang-orang yang meremehkan dosa-dosa kecil) laksana suatu kaum yang turun ke lembah suatu bukit, yang satu datang membawa kayu dan yang satu lagi membawa kayu yang lain, hingga mereka membawa kayu yang dapat memasak roti mereka.Sesungguhnya dosa-dosa kecil, jika dilakukan terus-menerus oleh pelakunya, niscaya akan membinasakannya.”
( HR. Ahmad )


Dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila seorang hamba melakukan satu kesalahan (dosa), maka hatinya akan dinodai satu noktah hitam; jika dia membersihkannya, meminta ampun dan bertaubat kepada Allah, noktah hitam itu akan hilang, dan jika dia berbuat dosa lagi, noktah hitam akan bertambah, hingga memenuhi hatinya. Dan inilah yang dimaksud dengan “Raan” (tutup atau dosa di atas dosa) yang disebutkan Allah di dalam firmanNya : “Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka.”(QS. Al-Muthaffifin : 14 )
(HR. Tirmidzi , Ibnu Majah ).

Dari Tsauban r.a bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya seseorang akan terhalang untuk memperoleh rezeki karena dosa yang ia lakukan.”
(HR. Ahmad ).

Abdullah bin Masud r.a berkata, “Saya menyangka bahwa oang yang lupa terhadap suatu ilmu yang pernah ia pelajari dikarenakan kesalahan (dosa) yang pernah ia lakukan.”

Sesungguhnya, meremehkan dosa kecil merupakan salah satu indikasi lemahnya iman.Sebab, setiap kali iman seseorang kuat, ia akan semakin kuat dalam memelihara diri dari dosa.

Imam Al-Bukhari menyebutkan di dalam Shahihnya, dari Anas bin Malik r.a ia berkata, “Sesungguhnya kalian melaksanakan perbuatan yang menurut kalian lebih berat daripada sehelai rambut, padahal kami menganggapnya di masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi was sallam termasuk dari dosa-dosa penghancur.”
Imam Al-Bukhari berkata, “Maksudnya adalah dosa-dosa yang akan membinasakannya.”
(HR. Bukhari (11/329-Fathul Bari ).

Ada yang berkata, “Jangan melihat kecilnya dosa, tetapi lihatlah keagungan Zat yang kamu durhakai.”

Sesungguhnya rasa takut sahabat sangatlah besar, meskipun mereka adalah umat yang paling beriman dan paling bertakwa, namun mereka sangat takut kalau terjangkiti kemunafikan.

Hendaklah, hamba yang mau selamat tidak meremehkan dosa-dosa kecil.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada A’isyah : “Janganlah kamu meremehkan dosa-dosa kecil tersebut ada yang akan mencatatnya.”
( HR. Nasai, Ibnu Majah, Darimi ).

Dalam kitab Az-Zuhud, Asad bin Musa meriwayatkan dari Abu Ayyub Al-Anshari, “ Ada orang yang berbuat baik dan meresa yakin dengannya, dan ia melalaikan dosa-dosa kecil hingga berjumpa dengan Allah sementara dosa-dosanya bergelimpangan.Ada pula orang yang melakukan kejahatan, tetapi ia senantiasa merasa takut dan khawatir darinya hingga berjumpa dengan Allah dalam keadaan aman.”

Semoga bermanfaat.Demikian tadi sahabat artikel mengenai meremehkan dosa .Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...

Sumber : Benteng Gaib Bagaimana Melindungi Hati Dari Godaan Setan ; Wahid Abdussalam Bali
Sahabat sedang membaca artikel tentang Meremehkan Dosa dan sahabat bisa menemukan artikel Meremehkan Dosa ini dengan url http://webmdmk.blogspot.com/2011/10/meremehkan-dosa.html, sahabat boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Meremehkan Dosa ini sangat bermanfaat bagi teman-teman sahabat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Meremehkan Dosa ini sebagai sumbernya.


41 komentar:

Fazri mengatakan...

sipp gan infonya..jaman sekarang banyak orang yang lebih memilih mengeluarkan uang banyak untuk berbuat dosa.. contoh: beli miras, main judi, melakukan prostitusi ke wanita penghibur dan lain sebagainya. padahaL mencari suatu pahala Tidak harus mengeluarkan uang kan..

al kahfi mengatakan...

berawal dari dosa yg kecil,,diabaikan lama2 menjadi dosa yg besar,, bisa sj kan,,:)

Web mdmk mengatakan...

@Fazri : Benar sahabat..bermaksiat juga membutuhkan uang.Ingatlah nahwa neraka diliputi ha-hal yang menyenangkan dan surga diliputi hal-hal yang memerlukan perjuangan lahir dan batin sahabat
@al kahfi : Itulah akibat dari meremehkan dosa kecil sahabat, sehinggan nantinya lama kelamaan akan terjerumus ke dosa yang lebih besar sahabat

Ferry I mengatakan...

Terima kasih sobat atas pencerahannya ini.Memang seringkali kita meremehkan dosa-dosa kecil sehingga bila terus berlarut maka kita akan berkubang dan terjebur dalam apa yang dinamakan dengan dosa besar.
Naudzubillahi min dzalik....

21inchs mengatakan...

terima kasiy infonya.
Jadi deg-deg an waktu baca artikel iniy

anisayu mengatakan...

sekecill apapun dosa aku takut tak mau aku menyentuh dosa

artikel yang bagus...

Tautan Pena mengatakan...

Pena hadir dan silaturahmi malam sahabat...
Belajar banyak disini dan semoga kita tidak meremehkan dosa sekecil apa pun dosa itu di mata kita.
Terkadang di mata kita termasuk dosa kecil tetapi di Pandangan Allah termasuk dosa besar...Naudzubillah...

kangtopjer mengatakan...

wahhhh,, parah tuh, dah bikin dosa skalian ngeremehin tuh dosa, plajaran yg berharga neh kang

Wisata Murah mengatakan...

sholualaih
memang do'a adalah senjata bagi kita. ane menikmati posting yang positif ini. syukron

catatannyasulung mengatakan...

Hihh, bener banget. Dosa kecil lama2 bisa menjadi bukit, ya? :(

Web mdmk mengatakan...

@Ferry I : Semoga bermanfaat sahabat
@21inchs : Semoga bermanfaat sahabat
@anisayu : Benar sobat..sebaiknya kita memang menjaga diri dari perbuatan dosa.
@Tautan Pena : Terima kasih atas hadir dan silaturahminya sahabat

Web mdmk mengatakan...

@kangtopjer : Semoga tidak menimpa kita sahabat aamiin
@Wisata Murah : Semoga bermanfaat sahabat
@catatannyasulung : Ya memang seperti itu sahabat

Said Arsyad mengatakan...

miris kalo liat orang jaman sekarang sob, paling tidak bisa introspeksi diri kita sendiri deh..

Insan Robbani mengatakan...

"Sesungguhnya, meremehkan dosa kecil merupakan salah satu indikasi lemahnya iman.Sebab, setiap kali iman seseorang kuat, ia akan semakin kuat dalam memelihara diri dari dosa."

sangat setuju dgn tulisan diatas, dan salah stu solusi menghilangkan noktah hitam dlm hati adalah dgn berdzikir dgn baik dan benar

Abu Farras mengatakan...

Terima kasih banyak saudaraku atas berbagi artikel yang bermanfaat ini...mengingatkan bahwa diri abu ini banyak sekali dosa dan terkadang meremehkannya...
Astagfirullah....

Hariyanto mengatakan...

ibarat satu lompatan besar dimulai dengan satu langkah kecil,
demikian pula satu dosa kecil yang terbiasa dilakukan akan membutakan hati dan memicu untuk melakukan dosa-dosa lain tanpa membedakan lagi kecil atau besarnya...

brijakartaveteran mengatakan...

semuanya berawal dari hal2 yang kecil jadi tidak sepatutnya meremehkan dosa, nice posting sahabat, sudah mengingatkan. Salam

Web mdmk mengatakan...

@Said Arsyad : Memang untuk intropeksi diri sahabat...
@Insan Robbani : Benar sekali sahabat..dzikir adalah salah satu benteng dari perbuatan maksiat
@Abu Farras : Semoga bermanfaat sahabat abu...

Web mdmk mengatakan...

@Hariyanto : Karena dosa besar seringkali berasal dari dosa yang kecil sahabat...seperti juga api yang besar yang menghabiskan rumah tentunya berasal dari api yang kecil...
@brijakartaveteran : Terima kasih sahabat...jangan pernah kita untuk meremehkan dosa sekecil apa pun dosa tersebut

Web mdmk mengatakan...

@vincenzo carlone : Terima kasih sahabat...

Rama88 mengatakan...

sekecil apapun itu, yg namanya dosa tetap aja dosa, tapi terkadang kita melalaikan dosa2 yg kecil dan tidak menganggapnya dosa, subhanallah, semoga kita semua terjauhi dari sifat2 dosa, amin allahuma amin, terima kasih atas penjelasannya sobat,

gamazoe mengatakan...

bener banget sob, dan karena dosa-dosa kecil itulah makanya seseorang tidak takut lagi ketika melakukan dosa besar. na'udzubillah, semoga kita termasuk hamba2Nya yang selalu diampuni.. salam saya sob :)

pri crimbun mengatakan...

mudah-mudahan kita selalu terhindar dari perbuatan buruk... aamiin...

gajah_pesing mengatakan...

dalem banget postingannya..
susah juga sih, jika sudah menyangkut hal-hal rohani, tergantung dari kesiapan iman kita aja :)

Musa Khairul Umam mengatakan...

Jangan pernah sekali2 meremehkan doa yang kecil,lama2 akan menjadi banyak

halamanputih mengatakan...

Yang kecil-kecil ini kalau terakumulasi akan menjadi besar dan berat dalam timbangan kalau tidak segera dihapuskan.

Dayz Hidayat mengatakan...

Berbicara dosa, saya jadi malu gan
begitu bnyk dosa yang kita tidak sadari sebagai manusia
tpi harus terus berdoa kepada Allah supaya bisa dihapuskan dosanya :)

Make You Smile mengatakan...

sip gan infonya..jaman sekarang banyak orang yang lebih memilih mengeluarkan uang banyak untuk berbuat dosa.

Rama88 mengatakan...

setelah baca artikel ini saya baru sadar betapa banyak dosa saya , tanpa disadari,, subhanallah,, terima kasih sobat sudah mengingatkan,, met beraktifitas,

Naufal Hanif Rabbani mengatakan...

Astaughfirullahal adzim...

Web mdmk mengatakan...

@Rama88 : aamiin...aamiin...semoga kita termasuk golongan yang tidak pernah meremehkan dosa sahabat
@gamazoe : Dosa besar biasanya karena meremehkan dosa-dosa kecil sahabat
@pri crimbun : aamiin...aamiin
@gajah_pesing : mengetahui ilmunya dan mengimaninya sahabat...

Web mdmk mengatakan...

@Musa Khairul Umam : Benar sekali sahabat...
@halamanputih : Untuk itulah kita pun harus berhati - hati dengan dosa kecil sahabat
@Dayz Hidayat : Dosa hanya kita dan Allah yang tahu sahabat...berbahagialah kita masih bisa merasakan dosa dan segera bertaubat daripada berbuat dosa dan merasa tidak berbuat dosa

Web mdmk mengatakan...

@Make You Smile : Itulah retorikanya..mengeluarkan uang untuk berbuat maksiat dan dosa....
@Rama88 : Hanya untuk saling mengingatkan sahabat...yang meulis tidak lebih baik dari yang membaca sahabat
@Naufal Hanif Rabbani : Astagfirullah....

Cikal Ananda mengatakan...

Sangat dan sangat bermanfaat Gan,..
pencerahan yang sangat bagus,.
makasi pula atas kunjungannya ya,.

Web mdmk mengatakan...

@Cikal Ananda : Semoga bermanfaat sahabat

Asis Sugianto mengatakan...

saya takut bgt sm dosa sob,,,

Liandri eko mengatakan...

meremehkan dosa sama saja dengan mungumpulkan dosa dikit demi sedikit lama-lama masuk neraka.

Farixsan Quilicuor (Faris Hardiyanto 177) mengatakan...

subhanalllah, dosa sungguh sangat tidak bisa di remeh remehkan karna dosa adalah penimbang kita antara surga dan neraka

Cara Cepat Hamil mengatakan...

karena dosa gak bisa dilihat.

Dhidhit mengatakan...

Mohon ampun dan bertaubat... jangan meremehkan dosa

Adhitya Nugraha Novianta mengatakan...

Sekecil apapun dosa jangan diremehkan, segera bertaubat dan memohon ampun atas segala dosa

Posting Komentar

Terima kasih sahabat atas silaturahminya.
Semoga bermanfaat dan silahkan sahabat meninggalkan komentar atau pun kritikan demi perbaikan web ini.
Dimohon tidak meninggalkan SPAM.
Barakallahu Fiikum...

 

Statistic

Page Rank


Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Negara

Free counters!

Sahabat Menebar Kebaikan

Komentar Sahabat


Return to top of page Copyright © 2011 | Web Menebar Kebaikan Converted into Blogger Template by HackTutors